- Mengenal Microsoft Word
Microsoft
word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa untuk
menulis dokumen misalnya karya tulis, skipsi, novel, dan sebagainya. Selain
menulis dokumen, MS Word juga dapat bekerja dengan table, menulis teks dengan
kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.
Secara
default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Tile Bar,
Menu Bar, Tool Bar, dan Task Pane. Tampilan area kerja dapat dilihat
pada gambar 1.
Title Bar
Menu Bar
Toolbaar
standar
Ruller
Status Bar
Toolbar gambar task pane
Gambar 1.
tampilan area kerja MS Word
Title bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, dan menutup program,
yaitu tombol Minimize, Maxzimines/restor, dan close.
Menu bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat
sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh pada gambar 2, perintah File mempunyai perintah yang berkaitan
dengan dokumen, misalnya membuat dokumen baru (Open), mengatur property dokumen (page setup), dan sebagainya.
Gambar 2.
Menu Bar
Tool bar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif
penggunaan yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut, dari perintah file >
Open, tool Print merupakan shortcut dari perintah file >
print.
Ruler merupakan yang dilettakan secara horizontal, yaitu
diatas dokumen, dan secara vertikal yaitu di sebelah kiri document. Rule untuk
mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
Task pane
merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering digunakan dalam
pengeditan dokumen. Bagian didalam jendela task pane terdiri atas 13 bagian,
yaitu Getting Started, Help, Search Results, Clip Art,
Researceh, Cilpboard, New Dokumen, Shared Workspase, Document Updates, Proteks
Document, Styles and Formatting, Reveal Formatting, Mail Marger, dan XML
structures.
Status bar adalah baris horizontal yang mempunyai iformasi
jendela document yang sedang di tampilkan, antara lain ( Gambar 3).
Gambar.3
Status Bar
- Page number : menampilkan iformasi hasil halaman
- Sec: menampilkan saction document
- Numbe/number: menampilkan nomer bhalaman dan total halaman berdasarkan fisik halamn di dalam document. Sebagai contoh, 4/13 artinya halaman 4 dari 13 halaman.
- At: menampilkan jarak dari atas halaman pada titik sisip
- Ln: menampilkan baris dari task tempat titik sisip di posisikan.
- Col: Menampilkan dari jarak dari baris kiri keposisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.
Untuk
mengatur jenis tampilan dokumen, pilih salah satu submenu di dalam menu View. Beberapa tampilan tata letak
yaitu:
- Normal: memberikan tampilan sesuai format yang diterapkan pada teks.
- Print layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang diterima pada saat dicetak.
- Web layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
- Outline: memberikan tampilansesuai heading di dalam document.
II. Membuat, menyimpan, menutup, dan membuka dokumen
Untuk
membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Klik menu File > New sehingga muncul jendelaTask Pane yang menampilkan bagian New Document.
- Setelah itu pilihlah Blank Document yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
Gambar 4.
tombol new blank dokumen di Tool Bar
Sebelum
memulai dokumen, sebaiknya atur property lebihn dahulu. Pengaturan property
mempengarihi hasil cetakan . Pengaturan property dapat dilakukan dengan
menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog (Gambar
4). Kotak dialog ini terdiri dari 3 bagian, yaitu Magins,
Paper, dan Layout.
Gambar 5.
kotak dialog Page Setup
- Margins: Untuk menentukan batas atas, kiri, kanan dan bawah dokumen, dan juga orientasi kertas
- Paper Size: Untuk menentukan ukuran kertas yang akan di gunakan dengan memilih opsintya pada menu drop down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
TOP
BOTTOM
Gambar 6.
Margin halaman
Secara default, Satuan yang di gunakan pada ruler
maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools >
Options sehingga
muncul kotak dialog Options Gambar 7. Pilih tab General. Pada bagian Measurement
Units, gantilah satuan ke Centimeter.
Gambar 7.
kotak dialog Options
Untuk
menyimpan document baru, secara default nama document akan berurutan, yaitu
docement 1, document 2, document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan document adalah
sebagai berikut:
- Klick menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak dialog Save AS (gambar 8)
Gambar 8.
Kotak dialog Save As
- Di dalam kotak dialog tersebut lakukan pengaturan sebagai berikut:
- Save in: tentukan lokasi folder tempat document akan disimpan.
- File name: ketik nama untuk identifikasi folder.
- Save as type: type document, gunakan default yang diberikan, yaitu Word document.
- Klik tab Save untuk menyimpan document tersebut.
Untuk
menyimpan document lama yang telah diedit, klik menu File >
save. Apabila
document tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik file >
Save As sehingga
caranya sama dengan menyimpan document baru. Apabila dalam menyimpan dalam
menyimpan document, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada dlam
folder, maka kotak konfirmasi pada gambar 9 akan muncul.
Gambar 9.
Kotak konfirmasi penyimpanan
- Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan document baru
- Save change with a different name: menyimpan dokument baru dengan nama lain.
- Merge into exiting file: menggabungkan perubahan kedalam perubahan file yang sudah ada.
Setelah
selesai mengedit document dan sudah memastikan menyimpannya, ada cara lain
untuk menutup dokumen, yaitu:
- Klik menu File > close
- Klik tombol Close window yang terdapat didalam title Bar.
Dokumen yang
telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara yaitu sebagai berikut:
- Klik menu File > Open.
- Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
Sehingga
muncul kotak dialog open (gambar 10), kemudian pilih file dokumen yang hendak
dibuka.
Gambar 10.
Kotak dialog Open
III. Menuliskan dan memformat teks dan paragraf.
Pengetikan
teks dimulai dari titip sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari
garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetik teks, dalam
penekanan Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. Untuk
membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti
menentukan jenis huruh, type huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan
karakter dapat diterapkan sebelum atau sesudah pengetikan. Klik menu Format >
Font untuk
melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti gambar 11.
- Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
- Font Style: menentuka type huruf, yaitu Reguler (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal miring).
- Size: menentukan ukuran huruf.
- Font Color: menentukan warna huruf.
- Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
- Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
Gambar 11. Kotak dialog
Font
Tabel
dibawah ini memperlihatkan contoh-contoh hasil pemformatan teks dan penggunaan
efek didalam teks.
Format Karakter
|
Hasil Format Karaker
|
Reguler
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
Bold
|
Ini contoh teks dengan effect
|
Italic
|
Ini contoh teks dengan effect
|
Bold
Italic
|
Ini contoh teks dengan effect
|
Underline
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
Bold-Italic-underline
|
Ini contoh teks dengan effect
|
strikethrough
|
|
Doble
Strikethrough
|
|
Superscript
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
Subscript
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
Shadow
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
Outline
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
Emboss
|
Ini contoh teks dengan effect
|
Engrave
|
Ini contoh teks dengan effect
|
Small caps
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
All Caps
|
Ini contoh
teks dengan effect
|
Hidden
|
(tidak
terlihat)
|
Selain
pembuatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat
macam, yaitu rata kiri , rata tengah , rata kanan , dan rata kiri kanan.
Contoh
penggunaan perataan paragraf:
- Rata kiri:
Microsoft
Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa
digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan
sebagainya.
- Rata tengah:
Microsoft
Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa
digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan
sebagainya.
- Rata kanan:
Microsoft
Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa
digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan
sebagainya.
- Rata kiri kanan:
Microsoft
Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa
digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan
sebagainya.
Pengaturan
spasi baris adalah pengaturan jarak antar baris di dalam paragraf. Pengaturan
ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing . Contoh penggunaan line
spacing.
- Pengaturan spasi baris dengan nilai Singgle
Microsoft
Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa
digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan
sebagainya.
- Pengaturan spasi baris dengan nilai Doble
Microsoft
Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan
untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Menyisipkan
tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaan lihat
dapat dilihat pada gambar 12.
Gambar 12.
Penggunaan tabulasi di dalam dokumen
Cara paling
mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada Ruller kemudian klik pointervsehingga
muncul simbol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret simbol tabulasi keluar Ruler. Ada lima aligment yang dapat
dipilih, yaitu Left , Center , Rigt , Decimal , dan Bar .
IV. Mengedit teks
Pengeditan
teks yang dapat dilakukan antara lain, memilih, menghapus, menggandakan, dan
sebagainya.
- Memilih karakter, kata, baris, dan paragraf
Karakter
yang terpilih akan ditandai dengan kotak hitam yang menutupinya dan warna
karakter akan berubah terang. Untuk memilih karakter yang berurutan, posisikan
pointer dibelakang karakter pertama, tekan mouse, kemudian seret ke arah
karakter-karakter yang dipilih. Untuk kata-kata yang tidak berurutan, tekan
tombol Control pada keyboard sebelum berpindah pada kata yang
berikutnya. Untuk memilih satu baris, posisikan pointer disebelah kiri baris
sehingga pointer berubah menjadi anak panah, kemudian klik hingga baris
tersebut terpilih. Untuk memilih satu paragraf, posisikan pointer disembarang
teks di dalam paragraf, kemudian klik tiga kali maka seluruh paragraf akan
terpilih. Dan untuk memilih seluruh karakter, klik menu Edit >
Select All
- Menghapus karakter
Penghapusan
karakter dapat menggunakan tombot Del dan Backspace pada keyboard. Perbedaan keduanya
adalah:
- Apabila tidak sisip berada di belakang karakter yang dihapus, gunakan tombol Del pada keyboard.
- Apabila tidak sisip berada di depan karakter yang dihapus, gunakan tombol Backspace pada keyboard.
- Menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste
Perintah Copy dan Paste mempunyai kaitan. Perintah Copy digunakan untuk menggandakan
karakter yang terpilih untuk kemudian menempatkannya pada posisi lain, perintah
Paste adalah untuk
menempatkan hasil pengoprasian perintah tersebut ketempat yang baru.
Perintah Cut digunakan untuk memotong karakter
yagn terpilih untuk kemudian dipindahkan. Perintah Cut juga memerlukan perintah Paste
untuk menempatkan hasil pada tempat yang baru. Bedanya dengan perintah Copy adalah perintah Cut akan menghapus karakter yang berada
pada posisi aslinya, sedangkan perintah Copy tidak menghapus karakter pada
posisi asli.
- Menggunakan perintah Undo dan Redo
Perintah Undo digunakan untuk mengembalikan aksi
yang telah dilakukan ke aksi sebelumnya. Sedangkan Redo adalah sebaliknya.
V. Menggunakan penomoran dan penandaan
Seringkali
di dalam dokumen dijumpai penulisan teks dengan penomoran (numbering) dan penandaan (bullet). Program MS Word menyediakan
fasilitas Bullet and Numbering untuk membuat variasi teks.
Perhatikan
contoh penggunaan penomoran dan penandaan.
Contoh
penomoran
contoh
penandaan
VI. Menggunakan tabel
Pada umunya
penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk mendukung penjelasan/uraian
dokumen. Untuk membuat tabel, klik menu Table > Insert >Table sehingga muncul kotak dialog Insert Table (gambar 13).
Gambar 13.
Kotak dialog Insert Table
- Number of colom: untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2.
- Number of rows: untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3.
- AutoFit Behabior: untuk pengturan lebar kolom.
Teks dapat
langsung diketikkan didalam sel tabel. Hasil dari contoh akan membuat tabel
seperti dibawah ini:
Contoh
teks
|
|
Tabel dapat
diatur propertinya untuk menyesuaikan tampilannya, misalnya mengatur tampilan
garis, memberi warna sel, mengatur posisi, dan lainnya.
Contoh table
di bawah ini adalah table yang telah diberi variasi:
NIM
|
Nama
|
107711496997
|
Achmad
|
107711496998
|
Fariz
|
107711496998
|
Sulton
|
VII. Menyisipkan objek
- Memyisipkan gambar
Gambar dapat
di sisipkan
ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan
gambar (clip art) yang telah disediakan program MS word. Untuk menyisipkannya,
klik menu Insert > Picture > Clip Art. Pada bagian Search for
disk task pane, ketikkan
kata petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka didapat
hasil gambar seperti contoh di bawah ini.
UGambar
dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file
gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah di sediakan program MS Word.
ntuk
menyisipkan gambar, klik pada gambar yang diinginkan.Lihat contoh penyisipan
gambar kedalam dokumen
(Gambar 7)
Untuk
menyisipkan gambar dari file,klik menu Insert > Picture > From file sehingga muncul kotak dialog Insert
Picture (gambar 14).
Pilih gambar yang diinginkan dari folder.
Gambar 14.
Kotak dialog Insert Picture
VII. Menyisipkan objek autoShape
AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat
disisipkan ke dalam dokumen.Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis,
lingkaran, persegiempat, dan lainya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan
dengan memilihya pada Tool Bar Drawing (Gambar 8). Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu View > Toolbars > Drawing. Klik tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek
sesuai keinginan.
Gambar 15.Tool Bar
Drawing
Contoh objek
garis dengan dua mata panah di kedua sisinya (Double arrow)
Dari objek-objek yang ada, dapat disisipkan teks
didalamnya.Contoh penggunaan salah satu objek dengan teks.
- Menyisipkan simbol
Di dalam
dokumen juga sering dijumpai simbol seperti ©,®,☺dan sebagainya.Cara
menyisipkan simbol adalah klik menu insert > Symbol sehingga keluar kotak dialog symbol (Gambar 10). Pilihlah symbol yang
hendak digunakan lalu klik Insert.
Gambar 16.
Kotak dialog Symbol
- Menyisipkan diagram
Untuk
membuat diagram struktur organisasi seperti contoh di bawah, klik Insert >
Picture> Organization chart.
.
Untuk
membuat diagram data seperti pada contoh di bawah, klik Insert >
Picture > Chart kemudian
ganti nilai sesuai yang di kehendaki.
Untuk
mengubah tipe diagram, klik Chart > Chart Type sehingga muncul kotak dialog Chart Type (gambar 17). Pada kotak tersebut
pilihlah. Type diagram yang di kehendaki, kemudian klik tab OK.
Gambar
17.Kotak dialog Chart Type
Teks yang di
buat dengan wordArt akan tampak lebih bervariasi. Salah satu contoh
penggunaan WordArt adalah di bawah ini:
Cara
membuatnya adalah klik A atau dapat juga klik menu insert > picture > WortArt sehingga muncul WordArt
Gallery (gambar 18). Pilih kreasi
teks sesuai keinginan kemudian ketikkan teks.
Gambar 18.WordArt
Gallery
- Menyisipkan nomor halaman
Penomoran
halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu Insert >
Page Number sehingga
muncul kotak dialog Page Numbers (Gambar 19). Klik OK.
Gambar 19.
Kotak dialog Page Number
- Menyisipkan Header da Footer
Fasilitas Header and
Footer digunakan
untuk membuat cataan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk
kebagian ini, menu View > Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan
berpindah pada area header and footer (gambar 20). Hal ini diindikasikan
dengan teks dan objek didalam dokumen terlihat redup. Ketikan teks yang hendak
dibuat.
Gambar 20.
Kotak dialog Page Number
- Borders, Shading, dan Drop Cap
Beberapa
tambahan dalam membuat dokumen tanpak lebih menarik seperti contoh dibawah ini:
MICROSOFT
OFFICE 2003
Microsoft word (MS Word) merupakan
program untuk mengolah kata. Program ini bisa untuk menulis dokumen misalnya
karya tulis, skipsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word
juga dapat bekerja dengan table, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan
gambar, maupun yang lainnya.
Untuk
membuat bagian MICROSOFT OFFICE 2003 yang berwana orange denagn garis ungu
dibawahnya, caranya adalah dengan klik menu Format >
Border and Shading kemudian
akan muncul kotak dialog Border and Shading. tab border untuk membuat garis pembatas, tab Page Border untuk membuat garis pembatas pada
halaman, sedangkan tab Shading untuk mewarnai satu baris seperti warna orange
pada contoh. Untuk mengganti warna huruf klik tombol .
Huruf
pertama yang ukurannya lebih tersebut (M), dapat dibuat dengan klik menu Format >
Drop Cap.
- Membuat kolom
Untuk
membuat kolom seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini adalah dengan klik
menu Format > Columns.
Microsoft
word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa untuk
menulis dokumen misalnya karya tulis, skipsi, novel, dan sebagainya. Selain
menulis dokumen, MS Word juga dapat bekerja dengan table, menulis teks dengan
kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.
VIII.
Mencetak
Sebelum
mencetak dokumen, ada baiknya jika tampilan cetak dilihat terlebih dahulu. Hal
ini dapat dilakukan dengan cara klik atau klik menu File >
Print Preview.
Jika sudah
sesuai, cara untuk mencetak adalah dengan mengklik menu File >
Print sehingga
muncul kotak dialog Print pada gambar 21. Atur properti atau lakukan pengaturan
hasil cetakan yang dikehendaki jika diperlukan. Klik OK.
Contoh
menginsert objek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar